Slider

Youtube

Puisi

Artikel

RPP

Cerpen

Pengetahuan Umum

Perangkat Pembelajaran

» » Teks Sambutan Hari Sumpah Pemuda

Sambutan Pembina upacara pada Upacara Memperingati
Hari Sumpah Pemuda ke-85 Tahun 2013
Senin, 28 Oktober 2013 di SDN 2 Bunga Mawar

Assalamualaikum..Wr...Wb,
Selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semua. Puji dan syukur marilah kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, karena atas berkah, rahmat dan hidayahNya kita masih diberi kesempatan untuk melaksanakan upacara bendera hari senin bertepatan dengan memperingati Hari Sumpah Pemuda (HSP), hari yang sangat bersejarah dan telah memberikan inspirasi serta motivasi yang besar bagi kemajuan bangsa Indonesia. Melalui peringatan ini kita dapat mengenang tekad pemuda Indonesia pada saat itu yang “mengikrarkan komitmen persatuan dan kesatuan bangsa, yaitu: Satu Tanah Air – Tanah Air Indonesia, Satu Bangsa – Bangsa Indonesia dan Satu Bahasa – Bahasa Indonesia”.
Peringatan HSP merupakan momentum sejarah yang sangat penting dalam perjuangan bangsa Indonesia yang dipelopori oleh anak-anak muda pada zamannya. Sumpah Pemuda merupakan momentum yang telah membangun komitmen kolektif bangsa untuk bersatu dan mengembangkan jiwa nasionalisme di tengah­-tengah,hegemoni,kolonialisme,penjajah.
Momentum sejarah ini penting untuk kembali direnungkan dan direaktualisasikan agar semangat yang terkandung di dalamnya dapat terus memberikan inspirasi dan motivasi bagi seluruh bangsa ini untuk menggapai kejayaan bangsa di masa depan agar dapat hidup sejajar dengan bangsa-bangsa lain. Secara khusus momentum peringatan HSP tahun ini diarahkan untuk menjadi tonggak pembangunan karakter bangsa pemuda pelajar Indonesia.
Atas dasar semangat itulah peringatan HSP tahun 2013 ini mengangkat tema: “Mewujudkan Pemuda yang Santun, Cerdas, Inspiratif, dan Berprestasi”. Tema ini secara khusus mengandung pesan bahwa saat ini kita memerlukan figur-figur pemuda yang santun, cerdas, inspiratif, dan berprestasi.
Pemuda yang santun adalah pemuda yang memiliki budi pekerti, berakhlak mulia, mempunyai nilai-nilai karakter, menghormati yang lebih tua, dan menyayangi yang lebih muda, serta peduli terhadap sesama. Pemuda Indonesia dituntut untuk santun dalam perkataan, pikiran, dan perbuatan.
Pemuda yang cerdas adalah pemuda yang memiliki kemampuan inovasi dan kreatifitas yang tinggi, yang mampu mengatasi berbagai persoalan dihadapinya, yang memiliki kompetensi sehingga akan mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan global.
Pemuda yang inspiratif adalah pemuda yang mampu memberikan inspirasi bagi pembangunan bangsanya, inspirasi bagi perubahan, dan inspirasi dalam mengembangkan generasi yang unggul dan berdaya saing tinggi.
Pemuda yang berprestasi adalah pemuda yang senantiasa berorientasi pada kejayaan, keunggulan, dan kegemilangan masa depan. Pemuda yang berprestasi adalah pemuda yang tidak mudah menyerah, bertanggungjawab, dan senantiasa melakukan yang terbaik untuk dirinya, masyarakatnya, dan untuk bangsanya.
Upaya untuk mewujudkan pemuda Indonesia yang santun, cerdas, inspiratif, dan berprestasi haruslah dijadikan sebagai komitmen kolektif bangsa ini sebagai manifestasi dari semangat dan jiwa Sumpah Pemuda.
Menjadi pemuda / anak yang
1.     Berkarakter bukan pemuda yang karaten
2.     Perintis bukan pengais
3.     Aktif bukan pasif
4.     Gesit bukan parasit
5.     Kokoh bukan rapuh
6.     Optimis bukan pesimis
Melalui peringatan HSP tahun ini, kita berharap agar seluruh elemen bangs a ini kembali merenungkan dan menghayati jiwa dan semangat yang terkandung dalam nilai-nilai Sumpah Pemuda yang telah diikrarkan oleh para pemuda dari berbagai suku, agama, dan latar belakang kebudayaan yang sangat plural dari seluruh Indonesia delapan puluh lima tahun yang lampau.
Semoga kita semua, generasi muda bangsa Indonesia, penerus pemegang estafet perjuangan yang dibanggakan dapat memetik hikmah yang terkandung dalam peringatan  Hari Sumpah Pemuda.
Pesan untuk anak-anak ku semuanya, dalam mengisi kemerdekaan ini.
1.     Belajarlah dengan rajin
2.     Gunakanlah waktu yang ada dengan sebaik mungkin
3.     Hindari atau jauhi perbuatan yang tercela
4.     Jaga dan rawatlah sekolah kita sebaik mungkin karena sekolah adalah salah satu wadah dalam menimba ilmu.
Ucapan terimakasih untuk bapak/ibu guru
1.     Yang dengan tulus ikhlas dalam mendidik, mengajar dan melatih anak didik kita
2.     Tetap jaga kekompakan dan kebersamaan demi keutuhan sekolah kita
3.     Yang bertanggung jawab dalam menjalankan tugas
4.     Menjunjung tinggi kedisiplinan dalam menjalankan tugas
Sekian yang dapat saya sampaikan salah khilaf mohon dimaafkan
Wassalamualaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

2 komentar:

  1. keren gan, sangat bermanfaat
    izin promosi ya http://barudakanr.blogspot.com

    BalasHapus